loading...

Tuesday, March 10, 2020

5 Minutes for Safety - Pentingnya Safety dalam Bekerja



Hallo Braders/Sisters, 

Pembahasan kali ini yang saya angkat adalah mengenai bagaimana pentingnya budaya kerja yang aman di lingkungan kerja.. 


Bagi anda yang pernah bekerja di perusahaan atau sebagian mungkin sudah dipelajari di perkuliahan, mungkin sudah tahu bahwa pentingnya menerapkan budaya kerja yang aman alias safety pada saat bekerja. 


Beberapa tahun terakhir, banyak perusahaan atau organisasi mulai menyadari pentingnya penerapan budaya kerja aman yang nantinya akan dapat menunjang kegiatan operasional perusahaan atau organisasi tersebut. Terjadinya kecelakaan kerja tentu saja menimbulkan kerugian yang besar baik bagi perusahaan maupun bagi karyawan atau pekerja itu sendiri. 


1. Bagi Perusahaan 

Kegiatan produksi dan operasional bisa terganggu atau terhenti dalam jangka waktu tertentu. Hal ini membuat perusahaan dapat merugi karena perusahaan kehilangan produksi sementara biaya operasional tetap berjalan seperti biaya fixed cost atau biaya tetap. Selain itu, jika kecelakaan kerja menimbulkan kerusakan terhadap equipment/mesin tentu akan menimbulkan biaya yang besar untuk penggantian atau perbaikan terhadap perusahaan tersebut. Belum lagi biaya asuransi pengobatan terhadap karyawan yang menderita luka-luka, cidera dan biaya santunan terhadap keluarga jika karyawan meninggal dunia akibat kecelakaan kerja. Tidak heran jika banyak perusahaan besar peduli hingga mengeluarkan investasi yang besar untuk terciptanya budaya kerja yang safety di lingkungan kerja perusahaan tersebut. 


 2. Bagi karyawan 


Kerugian yang dialami karyawan secara langsung adalah mengalami cidera seumur hidup seperti patah tulang dan lain-lain. Dan paling besar adalah meninggal dunia. Sedangkan secara tidak langsung, akan menyebabkan moral dan motivasi kerja menurun. Tentu hal ini sama-sama tidak kita inginkan. Oleh karena itu, sebagai pekerja kita juga harus berperan serta dalam menerapkan budaya kerja yang aman dilingkungan kerja kita. 


Sebenarnya Pada abad-19 dan awal abad ke-20, para praktisi dibidang safety dan inspektorat pabrik telah mengemukakan pandangan terhadap kegiatan preventif kecelakaan kerja seperti melakukan pemasangan safety guard pada mesin, housekeeping dan hazard identification. Namun, kecelakaan kerja yang tercatat terus meningkat. Hal ini memaksa mereka untuk menguji kembali apakah kecelakaan tersebut disebabkan karena situasi lingkungan kerja (work environment) atau karakteristik kerja individu karyawan (personal factor). Hal ini menjadi perdebatan dikalangan praktisi keselamatan kerja sehingga terbentuknya teori-teori dari para ahli tentang penyebab terjadinya kecelakaan kerja atau disebut dengan Accident Causation Model.


1 comment:

  1. Klo liat video kecelakaan kerja bikin merinding,,, ada yg terjepit roll, terjatuh dr ketinggian, luka bakar dan lain-lain. Mudah2an para suami2 pencari nafkah diberi lindungan oleh Tuhan YME

    ReplyDelete

Powered by Blogger.